+62 294 388 160 | pusdalops.bpbdkab.kendal@gmail.com

BERITA

Medan Berat, BPBD Sulit Jangkau Korban Gempa Papua

Kamis, 30 Juli 2015 08:28:03

Jakarta - Wilayah Mamberamo Raya, Papua, digoncang gempa 7,2 Skala Richter (SR) pagi tadi. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) disebut kesulitan menjangkau daerah itu untuk memberikan bantuan.

"Tim agak kesulitan untuk menjangkau ke sana butuh waktu 5 jam. Tim harus lewat darat dan melewati sungai-sungai. Itu pusat gempa di kawasan hutan tapi ada terkena dampak di permukiman-permukiman," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo di Graha BNPB, Jl Pramuka Raya, Jaktim, Selasa (28/7/2015).

Akibat gempa yang terjadi di 75 km Tenggara Mamberamo Raya itu, 2 rumah dilaporkan rusak ringan. Selain itu kerusakan ringan juga dialami oleh 1 gudang swasta dan 1 RS bergerak.

"Terjadi pergeseran tanah sepanjang sekitar 50 meter, 1 orang hilang karena hanyut di sungai," kata Sutopo.

Gempa ini dirasakan cukup kencang dengan intensitas gempa VII Mercalli Modify Intensity (MMI) yang berarti sangat kuat. Masyarakat pun disebut panik dan berhamburan saat gempa terkadi. Pasien rumah sakit dievakuasi keluar bangunan.

"Tim BPBD masih berusaha menjangkau lokasi pusat gempa. Penggunaan lahan umumnya hutan dan jarang permukiman di pusat gempa. Saya belum dapat lagi update dari sana, kondisinya di sana soalnya sulit," pungkas Sutopo.