+62 294 388 160 | pusdalops.bpbdkab.kendal@gmail.com

BERITA

PEMADAM KEBAKARAN GOES TO SCHOOL

Kamis, 21 Juli 2016 12:49:56

Pada tanggal 20 Juli 2016 UPTB Pemadam Kebakaran Kabupaten Kendal berkesempatan untuk mengisi agenda kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMP Negeri 1 Kangkung.

Pada kesempatan tersebut petugas dari UPTB Pemadam Kebakaran menyampaikan materi tentang Teori api dan penjelasan tentang peralatan-peralatan pemadam kebakaran.

  

Dilanjutkan dengan kegiatan simulasi di lapangan, pada simulasi pertama para petugas pemadam kebakaran melakukan praktek cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan kemudian diikuti oleh siswa dan pengajar untuk melakukan simulasi pemadaman menggunakan APAR didampingi oleh petugas pemadam kebakaran.

  

Setelah itu dilanjutkan dengan simulasi pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Tradisional (APAT) menggunakan kain basah sebagai alat pemadam api kecil, kemudian petugas pemadam kebakaran  meminta perwakilan dari siswa untuk melakukan pemadaman menggunakan APAT yang didampingi langsung oleh para petugas pemadam kebakaran.

  

Simulasi terakhir adalah simulasi pemadaman api menggunakan fire truck (truk pemadam kebakaran), yang dilakukan oleh siswa dan di dampingi oleh petugas-petugas pemadam kebakaran.

  

Meskipun acara Sosisalisasi dan Simulasi oleh Pemadam Kebakaran telah usai, namun karena antusiasme yang sangat tinggi, hingga para siswa meminta untuk berfoto bersama para petugas pemadam kebakaran.

  

Demikianlah kedekatan yang tercipta antara para petugas pemadam kebakaran Kabupaten Kendal, diharapkan kedekatan seperti ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan rasa tanggap masyarakat tentang bahaya kebakaran khususnya pada generasi muda Indonesia.