+62 294 388 160 | pusdalops.bpbdkab.kendal@gmail.com

BERITA

ZIARAH LELUHUR WUJUD KECINTAAN TERHADAP KENDAL

Selasa, 09 Agustus 2016 08:30:10

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal ke 411 tahun 2016 dan menyambut  Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Paguyuban Kusumo Handrawina Kendal serta beberapa pimpinan SKPD melakukan ziarah ke makam dan petilasan para Bupati serta tokoh-tokoh sesepuh Kendal terdahulu, Senin,(8/8).

Makam-makam yang dikunjungi diantaranya makam Kyai Gembyang yang terletak di Kelurahan Patukangan Kecamatan Kota Kendal, makam Pangeran Juminah, Makam Sunan Katong, Makam Kyai Guru (Kyai Asy’ari), Makam Tumenggung Notohadiprojo serta ke beberapa makam Kyai dan tokoh-tokoh leluhur Kendal yang dimakamkan di lingkup pemakaman Protomulyo Kaliwungu Selatan, Serta Kiyai Guru Sulaeman / Singonegoro yang berada di belakang masjid Nurut Taqwa di Desa Penaggulan Kecamatan Pegandon, Kendel Wesi di kompleks di Kelurahan Kalibuntu Kecamatan Kendal Kota dan KRT Mertowidjojo yang berada di kompleks pemakaman di Desa Sukolilan Kecamatan Patebon. Selain itu, pada besok selasa (9/8) rombongan juga berziarah ke makam Tumenggung Bahurekso yang merupakan Bupati Kendal pertama yang dimakamkan di Desa Lebaksiu Kidul Kabupaten Tegal. Sebelum keberangkatan, para peziarah dilepas oleh Bupati Kendal dr.Mirna Annisa,M.Si, di Paringgitan. Pelepasan juga dihadiri oleh Sekda Kendal Ir. Bambang Dwiyono, MT serta SKPD Kabupaten Kendal. Kegiatan ziarah ke makam tokoh-tokoh yang terlibat dalam sejarah berdirinya Kabupaten Kendal,

Kata Bupati Mirna,” merupakan agenda rutin yang digelar untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal dan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai bentuk penghormatan untuk menggenang jasa-jasa para leluhur, serta merefleksikan kembali semangat perjuangan para kyai serta tokoh-tokoh Kendal yang telah mengabdi, berjuang dan berkorban bagi lahirnya Kabupaten Kendal yang kita cintai ini.” Selain itu, lanjut Bupati Mirna .” yang lebih penting dalam kegiatan ziarah ini adalah kita mendoakan kepada sang khalik, agar para leluhur senantiasa diampuni segala dosa serta diberi tempat yang lapang di sisi Nya sesuai amal dan kebajikanya selama menjalankan hidup didunia.” tandas dia….(05a/hms)