+62 294 388 160 | pusdalops.bpbdkab.kendal@gmail.com

BERITA

limpasan sungai bodri

Rabu, 21 Desember 2016 10:26:22

 

Akibat curah hujan yang relatif tinggi pada hari jum'at 16 Desember 2016 pada daerah hulu sungai bondri (singorojo & temanggung) selama kurang lebih 5 jam, maka debit air sungai bodri di wilayah Kabupaten Kendal mengalami kenaikan yang tinggi.

Terpantau pada Dam Juwero posisi puncak pada ketinggian 340cm (pada pukul 19.40.wib). Akibat naiknya debit air tersebut masyarakat yang bermukim di sepanjang wilayah sungai merasa was-was akan kemungkinan jebolnya tanggul. mengetahui kondisi tersebut Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten, siap siaga dengan dibantu relawan mengadakan pemantauan lapangan terutama pada lokasi tanggul kritis. Meskipun tidak mengakibatkan jebolnya tanggul, namun akibat kenaikan debit air yang sangat tinggi tersebut mengakibatkan air limpas keluar tanggul dan menggenangi jalan serta beberapa pemukiman warga. limpasan terjadi pada desa Pidodokulon dukuh Pilangsari dan desa wonosari Kecamatan Patebon.

Tim Satgas dibantu relawan berupaya memberikan bantuan kepada korban dengan mengevakuasi beberapa warga yang rumahnya terendam air. disamping itu juga diberikan paket bantuan kebutuhan dasar (makanan dan pakaian balita).

Limpasan air sungai bodri ini biasanya akan surut setelah 24 jam. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa akibat banjir ini mengakibatkan beberapa tambak bandeng yang siap panen hanyut.