BERITA

PENANGANAN DARURAT PASCA DAMPAK KEJADIAN BENCANA

Kamis, 08 Februari 2018 14:33:53

Kendal – Senin (5/2/18) kondisi cuaca terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat terjadi di keseluruhan Kabupaten Kendal. Curah hujan yang tinggi menyebabkan beberapa kondisi debit tinggi muka air di sungai yang berada di Kabupaten Kendal mengalami peningkatan, dan terjadi longsor tebing di Dusun Magangan RT.03 RW.02 Desa Jatirejo Kecamatan Ngampel.

Sebagai bentuk kesiapsiagaan dan penanganan secara darurat Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Kendal melakukan pemantauan dan peninjauan ke beberapa lokasi yang terjadi kejadian bencana, antara lain :

1. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Kendal didampingi Kepala Desa Rejosari Kecamatan Ngampel melakukan pengecekan di 2 (dua) lokasi jembatan yang hanyut akibat luapan banjir dan arus deras Sungai Blorong. Berdasarkan pengamatan di lapangan dan koordinasi dengan Kepala Desa Rejosari, BPBD Kabupaten Kendal akan segera mengambil langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Memberikan bantuan logistik dan biaya bantuan perbaikan jembatan darurat;

  2. Melakukan kegiatan kerja bakti bersama warga setempat untuk perbaikan jembatan yang hanyut.

2. Pemantauan kegiatan kerja bakti warga pemasangan pancang bambu dan pengurugan karung plastik di Dusun Magangan RT.03 RW.02 Desa Jatirejo Kecamatan Ngampel dalam penanganan longsor tebing yang berdampak pada rumah warga atas nama Bapak Jumar.

3. Melakukan peninjauan bersama Camat Kangkung dan Kepala Desa Lebosari ke lokasi longsor tebing Sungai Blukar di Desa Lebosari Kecamatan Kangkung yang longsor akibat gerusan arus sungai yang meluap, langkah darurat yang akan diambil dengan melakukan penguatan tebing sungai dengan pemasangan bronjong di titik yang longsor.