+62 294 388 160 | pusdalops.bpbdkab.kendal@gmail.com

BERITA

BPBD Kab. Kendal Rapatkan OPD Terkait Guna Penanganan Banjir Weleri

Selasa, 14 Januari 2020 19:44:37

Kendal – Selasa ( 14/01/2020 ) Menindaklanjuti kejadian banjir di wilayah Kabupaten Kendal khususnya di wilayah Kecamatan Weleri, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Kendal mengadakan rapat koordinasi penanganan bencana dengan OPD terkait.

Diketahui bahwa banjir yang terjadi pada beberapa desa di Kecamatan Weleri disebabkan olah curah hujan yang sangat ekstrim, beberapa saluran sungai yang tidak mampu menampung debit air karena tersumbat sampah dan pendangkalan, serta adanya kegiatan pasca tambang tidak sesuai dengan yang tertulis pada dokumen lingkungan ( UPL – UKL/ AMDAL/ SPPL ).

Upaya yang telah dilakukan oleh BPBD Kabupaten Kendal bersama instansi terkait dan relawan gabungan pada kejadian banjir di beberapa wilayah Kecamatan Weleri dengan melakukan kaji cepat dan pendataan daerah terdampak serta penyedotan air guna mengurangi ketinggian debit air yang masuk kerumah warga. Kemudian rencana tindak lanjut yang akan dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal, relawan gabungan dan masyarakat akan melakukan  kerja bakti pembersihan saluran ( drainase ), sungai dan bendung pada hari Rabu ( 15/01/2020 ). Selain itu, akan dibuatkan gorong – gorong di Desa Sidomukti. Adapun Dinas Lingkungan Hidup juga akan memaksimalkan pengawasan dalam melaksanakan tanggung jawab pemantauan pengelolaan lingkungan hidup. Disamping itu, kejadian rusaknya abutmen ( pondasi jembatan ) yang menjadi penghubung antara Ds. Nawangsari dan Ds. Sumberagung, akan ditindak lanjuti oleh UPTD PUPR Kecamatan Weleri.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kendal Drs. Sigit Sulistyo, MM mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai maupun saluran drainase. Pemerintah daerah Kabupaten Kendal akan selalu hadir ditengah masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Salam Tangguh Salam Kemanusiaan. Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita.