+62 294 388 160 | pusdalops.bpbdkab.kendal@gmail.com

PENGETAHUAN BENCANA

Kamis, 06 Agustus 2015 13:53:26

Tsunami

Tsunami

Tsunami adalah kata berbahasa Jepang yang berarti gelombang ombak lautan (tsuartinya lautan, nami berarti gelombang ombak). Tsunami adalah serangkaian gelombang ombak raksasa yang timbul karena adanya pergeseran di dasar laut akibat gempa bumi. Gempa yang terjadi di Aceh dan Sumut mencapai 9,3 skala Richter. Jadi, tsunami memang identik dengan gempa yang terjadi di dasar laut, bukan di daratan. Gelombang ombak yang ditimbulkan memiliki kecepatan 600 mil per jam (hampir 1.000 km per jam) atau sama dengan kecepatan rata-rata pesawat udara. Tinggi gelombang bisa mencapai 6 sampai 14 meter untuk ukuran rata-rata,tapi bisa juga mencapai 30 eter. Gelombang tsunami bisa menghantam daratan selama 5 sampai 30 menit.
Kalau gelombang ombak datang, kita nyaris tidak sempat melarikan diri. Sedemikian besar dan cepatnya, gelombang ombak ini dapat melintasi lautan luas, termasuk Lautan Pasifik. Jadi, gelombang tsunami yang terjadi di Pulau Sumatra mencapai India, Sri Lanka, Thailand, dan beberapa negara di Asia Timur dengan kekuatan yangsama. Memang tidak semua tsunami bersifat mematikan, ada juga yang kecil atau bersifat lokal. Tsunami yang besar dapat menghancurkan sebuah kota.

  1. mengurangi resiko bencana alam tsunami :
  2. Membuat system peringatan dini.
  3. Relokasi daerah pemukiman yang rawan tinggi terhadap ancaman tsunami.
  4. Edukasi kepada masyarakat tentang berbagai hal yang berkaitan dengan tsunami,misalnya tanda-tanda kedatangan tsunami dan cara-cara penyelamatan diri,sehingga masyarakat siap dan tanggap apabila suatu saat tsunami dating secara tiba-tiba.
  5. Membuat jalan atau  lintasan untuk menyelamatkan diri dari tsunami.
  6. Menanami daerah pantai dengan tanaman yang secara efektif dapat menyerap energy gelombang (mangrove)
  7. Membiarkan lapangan terbuka untuk menyerap energy tsunami.
  8. Membuat dike ataupun breakwater di daerah yang memungkinkan.


Tips menghadapi Tsunami di daratan

  • Jika berada di pantai atau di dekat lautan dan merasakan adanya gempa bumi yang besar,segera ,menyelamatkan diri ke daerah/tempat yang lebih tinggi .tidak perlu menunggu sampai peringatan tsunami diumumkan.
  • Tetap tenang dan tidak panic,ikuti petunjuk jalur penyelamatan / evakuasi.
  • Mengikuti instruksi/petunjuk dari pejabat/petugas yang berwenang.
  • Jika berada di rumah,pastikan  seluruh anggota keluarga mengetahui adanya ancaman bahaya ini dan segera pergi menuju ke tempat yang aman.
  • Jika berada di hotel atau gedung tinggi yang terletak di tempat yang rendah,segera berlari ke bagian atas hotel/gedung
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Share on LinkedIn