Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH

KABUPATEN KENDAL

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kendal memiliki Tugas Pokok melaksanakan penanggulangan bencana secara terintegrasi meliputi pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kendal mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat dan tepat, efektif dan efisien.
  2. Pengordianasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana di daerah secara terencana, terpadu, dan menyeluruh.
  3. Pembinaaan dan pengendalian penanggulangan bencana di daerah.
  4. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan penanggulangan bencana di daerah.

Berikut adalah penjabaran tugas pokok di setiap jabatan dalam Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kendal

  1. KEPALA BADAN

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kendal memilki beberapa tugas pokok antara lain sebagai berikut :

  1. Merumuskan Konsep Kebijakan Bupati di bidang penanggulangan bencana berdasarakan peraturan perundang-undangan sebagai bahan arahan operasional.
  2. Merumuskan kegiatan badan berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya dan peraturan perundang-undangan.
  3. Mengkordinasikan urusan rumah tangga di bidang penanggulangan bencana sesuai kebijakan bupati.
  4. Mengarahkan tugas bawahan dengan memberikan petunjuk dan bimbingan baik secara lisan maupun tertulis guna meningkatkan pelayanan di bidang penanggulangan bencana.
  5. Menetapkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah sesuai dengan peraturan perundag-undangan sebagai pedoman operasional kegiatan.

 

  1. UNSUR PENGARAH

Unsur pengarah dipimpin secara ex-officio memiliki tugas pokok oleh kepala BPBD yang mempunyai tugas pokok memberikan masukan dan saran di bidang penanggulangan bencana.

 

  1. UNSUR PELAKSANA

Unsur Pelaksana dipimpin oleh seorang Kepala Pelaksana yang mempunyai tugas pokok melaksanakan penanggulangan bencana secara terintegritas meliputi pra bencana, saat tanggap darurat, dan pascabencana.

 

  1. SEKRETARIAT

Sekretariat dipimpin oleh seorang sekretaris yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas kepala pelaksana BPBD dalam merumuskan kebijakan, mengkordinasikan, membina, dan mengendalikan kegiatan di bidang administrasi umum, kepegawaian, perencanaan dan, keuangan.

 

  1. SEKSI PENCEGAHAN DAN KESIAPSIAGAAN

Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan dipimpin oleh seorang kepala seksi yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas kepala pelaksana BPBD dalam merumuskan kebijakan, mengordinasi, membina, dan mengendalikan kegiatan di bidang pencegahan dan kesiapsiagaan.

 

  1. SEKSI KEDARURATAN DAN LOGISTIK

Seksi Kedaruratan dan Logistik dipimpin oleh seorang kepala seksi yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas pelaksana BPBD dalam merumuskan kebijakan, mengordinasi, membina, dan mengendalikan kegiatan di bidang kedaruratan dan logistik.

 

  1. SEKSI REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI

Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi dipimpin oleh seorang kepala seksi yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas pelaksana BPBD dalam merumuskan kebijakan, mengordinasi, membina, dan mengendalikan kegiatan di bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi.